Media Sosial Untuk Sosio-Agritechnopreneur UMKM Khas Aceh Memperkuat Ekonomi Masyarakat Melalui Bisnis Berkelanjutan

  • Dara Sawitri Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Dan Komputer, Universitas Harapan Medan
  • Tapi Rondang Nibulan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Harapan Medan
  • Ade Indah Sari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Harapan Medan
Keywords: UMKM, Media Sosial, Sosio-Agritechnopreneur, Penjulan, Aceh

Abstract

Pengabdian masyarakat “Sosio-Agritechnopreneur UMKM khas Aceh: Memperkuat Ekonomi Masyarakat melalui Bisnis Berkelanjutan” merupakan sebuah ide yang menggabungkan beberapa aspek bidang yaitu bidang pertanian, teknologi dan kewirahusahaan. Tujuan dari pada pengabdian masyarakat ini memberikan penyuluhan agar para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khas Aceh dapat memanfaatkan media sosial didalam bisnisnya. Dengan penggunaan flatfoam media sosial untuk UMKM khas Aceh secara cerdas dan strategis, diharapkan dapat membantu UMKM khas Aceh dalam membangun citra yang lebih positif, meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) sehingga mampu melakukan promosi produk maupun jasa berkelanjutan secara langsung juga mampu menjalin kemitraan yang kuat. Selain itu dapat meningkatkan volume penjualan, lebih mudah menjangkau pasar, menciptkan pelanggan dan juga mampu meraih keuntungan yang lebih baik lagi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara luring dan daring, peserta yang berasal dari luar kota Banda Aceh mengikuti secara daring dengan mengunakan aplikasi zoom. Pelaku sosio-agritechnopreneur UMKM Banda Aceh berasal dari daerah Banda Aceh dan sekitarnya. Pengabdian masyarakat berlangsung di Cagar Budaya Museum Rumah Cut Nyak Dhien, sebagai tuan rumah Universitas Muhammadiyah Aceh. Pengabdian masyarakat ini bertaraf internasional berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri anggota Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT), PTSS Perlis Malaysia dan Saengtham Wittaya Foundation School Thailand.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, A., & Dahlawy Chalil, R. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur). JIM (Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jim
Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., & Faizaty, E. N. (2015). Peran Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Kinerja Usaha UKM Pangan (Role of Universty Bussiness Incubators on the Improvement of Food SMEs Bussiness Performances). In Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI) (Vol. 20, Issue 1).
Hastuti, H., Zayana, Z., Bully, N. A., Kartika Putri, I., & Hastuti, N. : (2022). Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional Abdimas Polsaka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pengembangan Pariwisata Kuliner Melalui Media Sosial Pada UMKM. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka
Kecamatan, D. I., Pahlawan Kabupaten, J., Barat, A., Fadhiela Ndi, K., & Suharni, S. (2023). STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM. 7(4), 1275–1285. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.7
Meutia Sari, I., & Siregar, S. (2019). entrepreneurship development with development tecnopreneurship in millennials generation in aceh. In Proceeding International Seminar on Islamic Studies (Vol. 1).
Nasir, Wali, M., & Sufyan. (2022). Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha bagi UMKM Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.35870/jpni.v3i1.65
Noka, I. A. (2019). Efektivitas Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Gayo Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Aceh Tengah. In Jurnal Peradaban Islam (Vol. 1, Issue 2). http://www.beritasatu.com/ekonomi/225157-kontribusi-besar-sektor-ukm-untuk-ekonomi-
Widia, E., & Junika Putra, D. (2021). DISEMINASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM PERLUASAN SEBARAN PEMASARAN PADA PRODUK UMKM. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Issue 2).
Winarto, W. W. A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132
Yani, D. A., Silalahi, P. R., Tambunan, K., Islam, J. E., Ekonomi, F., & Islam, B. (n.d.). Analisis Kinerja UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Aceh Tengah (Studi Kasus Bubuk Kopi).
Published
2024-05-10
How to Cite
Sawitri, D., Nibulan, T. and Sari, A. (2024) “Media Sosial Untuk Sosio-Agritechnopreneur UMKM Khas Aceh Memperkuat Ekonomi Masyarakat Melalui Bisnis Berkelanjutan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), pp. 7-13. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i01.917.