Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Mendukung Pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara
Abstract
Pada saat ini ditengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat maka setiap individu diharapkan memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis dan sanggup merespon perkembangan zaman. Di sinilah peran teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), menjadi penting dalam mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan daya kritis siswa. Salah satu AI yang populer adalah Gemini AI. Model AI ini dikembangkan oleh Google. Gemini AI dapat memfasilitasi pembelajaran kolaboratif dan diskusi antara siswa. Platform ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam proyek, bertukar ide, dan saling memberikan umpan balik. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama tim, dan toleransi antar budaya. Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara luring oleh Tim PKM untuk siswa SMA di Sumatera Utara. Hasil evaluasi post test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap pemanfataan Gemini AI. Selain itu juga respon siswa selama kegiatan PKM juga positif dan tim PKM berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan kualitas pembelajaran pada SMA di Sumatera Utara.
Downloads
References
[2] I. Arisanti, R. Rasmita, M. Kasim, B. Mardikawati, and M. Murthada, “Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2024, doi: 10.31004/innovative.v4i1.8455.
[3] Y. E. Yuspita et al., “Pemanfaatan Aplikasi AI dalam meningkatkan Kompetensi Guru KKG PAI Kecamatan Baso,” Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 136–145, Dec. 2023, doi: 10.30983/dedikasia.v3i2.8085.
[4] S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri, and R. Liza, “Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu,” Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 01, Art. no. 01, Jul. 2023, doi: 10.35447/prioritas.v5i01.744.
[5] F. Ouyang and P. Jiao, “Artificial intelligence in education: The three paradigms,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 2, p. 100020, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.caeai.2021.100020.
[6] M. Imran and N. Almusharraf, “Google Gemini as a next generation AI educational tool: a review of emerging educational technology,” Smart Learning Environments, vol. 11, no. 1, p. 22, May 2024, doi: 10.1186/s40561-024-00310-z.
[7] P. Perera and M. Lankathilake, “Preparing to Revolutionize Education with the Multi-Model GenAI Tool Google Gemini? A Journey towards Effective Policy Making,” J Adv Educ Philos, vol. 7, no. 08, pp. 246–253, Aug. 2023, doi: 10.36348/jaep.2023.v07i08.001.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.