Pelatihan Marketing Kreatif Di SMA Harapan Medan
Abstract
Era Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan 4.0 merupakan konsep yang menekankan pada pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam proses belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di masa depan. Konsep ini juga menekankan pentingnya keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. SMA Harapan Medan sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul, memahami pentingnya adaptasi terhadap perubahan ini. Marketing kreatif dalam konteks pendidikan bertujuan untuk membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka. Pendekatan ini melibatkan penggunaan media digital, platform pembelajaran online, serta kampanye kreatif yang dapat menumbuhkan minat dan semangat belajar di kalangan siswa. Melalui program PKM ini, diharapkan para siswa dapat memahami konsep dasar digital marketing, mampu mengelola media sosial secara efektif, dan memiliki kemampuan untuk merancang kampanye promosi digital yang berhasil. Dengan demikian, para siswa akan memiliki keunggulan kompetitif ketika mereka memasuki dunia kerja atau memilih untuk menjadi pengusaha mandiri. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan digital marketing kepada siswa SMA Harapan Medan agar mereka dapat memahami dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam meningkatkan promosi dan pemasaran produk atau jasa di masa mendatang.
Downloads
References
[2] A. Wardhana, “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indoenesia,” Forum Keuangan Dan Bisnis, pp. 327–337, 2015.
[3] S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri, and R. Liza, “Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu,” Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 01, Art. no. 01, Jul. 2023, doi: 10.35447/prioritas.v5i01.744.
[4] R. F. Siregar, M. Hafiz, Y. Anisa, M. K. Zuhanda, and D. D, “Pendampingan Pelatihan Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Olimpiade di Sekolah Dasar (SD) Darussalam,” Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, vol. 2, no. 3, Art. no. 3, Jul. 2023, Accessed: May 27, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/NJPC/article/view/368
[5] D. H. Jayani, “10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia,” Databoks. Accessed: May 1, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.