Penguatan Literasi Aksara Bali dengan PAKSALI di BSVLC
Abstract
Pengaruh globalisasi, kurangnya perhatian dalam kurikulum sekolah, terbatasnya penggunaan aksara Bali dalam komunikasi sehari-hari, serta minimnya media pembelajaran yang menarik dan efektif berdampak buruk bagi pengembangan literasi aksara Bali di kalangan generasi muda, khususnya anak-anak di Bali Sibetan Volunteer & Learning Center (BSVLC), Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Penerapan media inovatif PAKSALI (Papan Aksara Bali) dijadikan solusi untuk masalah tersebut. Asistensi mengajar dengan PAKSALI bertujuan untuk menguatkan literasi aksara Bali anak-anak BSVLC sebanyak 20 orang. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Bali, STKIP Agama Hindu Amlapura. Kegiatan dilaksanakan selama sehari pada hari Minggu, 5 Mei 2024, melalui 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup), dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dengan PAKSALI dapat menguatkan literasi aksara Bali pada anak BSVLC, pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan; sedangkan respon anak-anak sangat positi; serta diharapkan kegiatan yang sama dapat untuk memberikan kontribusi nyata dalam menjaga dan melestarikan aksara Bali.
Downloads
References
[2] I. M. G. Sunarya, Made Windu Antara Kesiman, and I. A. P. Purnami, “Segmentasi Citra Tulisan Tangan Aksara Bali Berbasis Proyeksi Vertikal dan Horisontal,” J. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 982–992, 2015, [Online]. Available: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1457449&val=5541&title=SEGMENTASI CITRA TULISAN TANGAN AKSARA BALI BERBASIS PROYEKSI VERTIKAL DAN HORISONTAL
[3] A. Sukirno, “Penurunan Kemampuan Membaca dan Menulis Aksara Bali di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di Bali,” J. Pendidik. dan Kebud. Bali, vol. 5, no. 2, pp. 45–60, 2018.
[4] I. W. A. Gunada, Gede Eka Puja Dyatmika, and Gusti Lanang Ngurah Weda, “PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN AKSARA BALI PADA ANAK-ANAK DI PASRAMAN AMERTA SANJIWANI,” J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. April, pp. 155–164, 2021, [Online]. Available: https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4136
[5] A. Asroni, G. Indrawan, L. Joni, and E. Dewi, “Implementasi Hirarki Dataset Dalam Membangun Model Language Aksara Bali Menggunakan Framework Tesseract OCR,” Resist. J. Rekayasa Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 20–28, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.instiki.ac.id/index.php/jurnalresistor/article/view/1345/431
[6] I. W. Jatiyasa, “Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun pelajaran 2019/2020,” Lampuhyang, vol. 11, no. 2, pp. 1–12, 2020, doi: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.191.
[7] G. Feoh, C. Tonyjanto, and R. P. Wiryadikara, “ANALISA PEMBELAJARAN AKSARA BALI BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN MODEL,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 3, pp. 319–327, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/853/pdf
[8] I. G. N. A. C. Putra, I. K. A. A. Putra, and I. B. G. Dwidasmara, “Implementasi Metode Convolutional Neural Network Pada Pengenalan Aksara Bali Berbasis Game Edukasi,” Sintech Sci. Inf. Technol. J., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2023, doi: https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v6i1.1298.
[9] H. Wijaya, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan,” J. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, 2000.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.