Pemahaman Recount Text oleh Siswa Kelas 10 SMA Harapan 1

Penulis

  • Wan Karmenita Jamal Universitas Harapan Medan
  • Lisna Sari Siregar Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.35447/vernacular.v2i4.1057

Kata Kunci:

Teks Recount, Studi Kasus, Kinerja Bahasa Inggris, Pendekatan Berbasis Genre

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pemahaman teks recount pada siswa kelas 10, kelas B di SMA Harapan 1 Medan. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap teks recount dan menilai kinerja bahasa Inggris mereka. Tujuan utamanya adalah menemukan tantangan umum yang dihadapi siswa serta menawarkan strategi pengajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman mereka. Penelitian ini menggunakan teori Brown (2001) dan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan dari 26 siswa kelas 10 B tahun ajaran 2023/2024 melalui pre-test, post-test, dan wawancara. Pre-test dan post-test dirancang untuk mengukur kemajuan siswa dalam memahami teks recount, sedangkan wawancara memberikan wawasan lebih dalam mengenai pengalaman dan kesulitan mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya kendala dalam faktor-faktor tertentu yang memengaruhi pemahaman siswa terhadap teks recount. Rekomendasi mencakup penerapan instruksi yang terstruktur, pengembangan bahan ajar yang lebih variatif, dukungan guru yang ditingkatkan, serta lingkungan belajar interaktif. Selain itu, penelitian ini menyarankan penggunaan teknologi dan strategi pengajaran yang inovatif untuk memperbaiki keterampilan literasi dan prestasi akademik siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ida Yulianawati. 2019. “An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Recount Text (A Case Study at a Senior High School in Indramayu).” English Focus: Journal of English Language Education 2(1):46–59. doi: 10.24905/efj.v2i1.48.
Innayah, Innayah. 2021. “Meningkatkan Pemahaman Teks Recount Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Pamekasan Melalui Metode Talking Stick.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(2):280–88. doi: 10.37478/jpm.v2i2.1153.
Ishak. 2011. APPROACHES AND METHODS IN LANGUAGE TEACHING. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.
Jon, Roi Boy, Rahimah Embong, Bambang Purnama, and Ari Safar Wadi. 2021. “The Challenges Of English Language Teaching In Indonesia The English Language Teaching for Education in Indonesia.” IJEAL (International Journal of English and Applied Linguistics) 1(3).
Melalolin, L. M., N. M. S. A. Hartini, and N. W. S. Mahayanti. 2020. “Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based.” Indonesian Journal of Instruction 1(1):29–36. doi: 10.23887/iji.v1i1.27825.
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3rd ed. Los Angeles: SAGE.
Nunan, D. 2014. “An Introduction to Research Metods and Traditions.” Cambridge University Press (1):1–5.

Diterbitkan

2025-02-25

Cara Mengutip

Jamal, W. K., & Siregar, L. S. (2025). Pemahaman Recount Text oleh Siswa Kelas 10 SMA Harapan 1. Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal, 4(2), 298–305. https://doi.org/10.35447/vernacular.v2i4.1057