PEDAGOGICAL APPROACHES IN TEACHING MANDARIN FOR FIRST-YEAR STUDENTS OF APPLIED MANDARIN LANGUAGE BACHELOR PROGRAM AT UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35447/vernacular.v5i1.1167Kata Kunci:
pendekatan pedagogis, bahasa Mandarin, metode pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan pedagogis yang digunakan dalam pengajaran Bahasa Mandarin kepada mahasiswa tingkat satu Program Sarjana Terapan Bahasa Mandarin di Universitas Prima Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi kelas dan wawancara terhadap pengajar serta mahasiswa. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi metode pembelajaran yang diterapkan, menilai efektivitasnya, serta memahami tantangan yang dihadapi dalam proses penguasaan empat keterampilan berbahasa: menyimak (听 tīng), berbicara (说 shuō), membaca (读 dú), dan menulis (写 xiě). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pedagogis yang digunakan meliputi Communicative Language Teaching (CLT), scaffolding, metode langsung, audio-lingual, dan grammar translation method. Pendekatan-pendekatan tersebut mendorong keterlibatan aktif mahasiswa, meningkatkan pemahaman konsep bahasa, dan menciptakan lingkungan belajar yang komunikatif serta kolaboratif. Beberapa tantangan masih ditemukan, seperti kurangnya variasi media pembelajaran, waktu belajar yang kurang kondusif, dan perbedaan tingkat motivasi mahasiswa. Penelitian ini menyarankan integrasi media digital interaktif dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek sebagai solusi. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi reflektif antara pendekatan pedagogis klasik dengan kebutuhan praktis komunikasi bisnis di era global, serta pemetaan langsung antara waktu pembelajaran, posisi duduk mahasiswa, dan tingkat antusiasme belajar, yang belum banyak dieksplorasi dalam konteks lokal pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia.
Unduhan
Referensi
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). California: SAGE Publications.
Ghazali, M. (2010). Pengajaran Bahasa Asing. Angkasa.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). KBBI Edisi Kelima. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Lestari, D. (2016). Penerapan metode Communicative Language Teaching (CLT) dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SMK Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 88–96.
Nugroho, A. (2018). ). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Pembelajaran Bahasa Mandarin di SMA Nusaputera dan SMA Kebon Dalem Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 45–53.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (3rded.). Cambridge University Press.
Rodiman. (2008). Bahasa Mandarin untuk Pemula. Erlangga.
Santrock, J. W. (2015). Educational Psychology. McGraw-Hill Education.
Sari, D. K. (2021). Intensitas Komunikasi Berbahasa Mandarin Mahasiswa dengan Dosen di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 22–30.
Sari, N. (2021). Intensitas komunikasi berbahasa Mandarin mahasiswa dengan dosen dan pengaruhnya terhadap kemampuan berbicara. Jurnal Bahasa Dan Budaya Tionghoa, 112–123.
Schunk, D. H. (2016). Learning Theories: An Educational Perspective (7th ed). Pearson.
Skinner. (1957). Verbal Behavior. Appleton-Century-Crofts.
Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.
Sweller, J. (2011). The psychology of learning and motivation: Cognition in education. Elsevier Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-387691-1.00002-8
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Yulianto, A. (2019). ). Analisis Metode Pengajaran Bahasa Mandarin di Universitas Kristen Petra. Jurnal Pengajaran Bahasa Asing, 34–41
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Feby Yoana Siregar, Jessica, Wanda Angelia Fenensia Purba, Fikry Prastya Syahputra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.