THE ROLE OF MOTIVATION AND DIGITAL TECHNOLOGY IN ENHANCING MANDARIN LANGUAGE PROFICIENCY AMONG STUDENTS OF THE MANDARIN LANGUAGE FOR BUSINESS AND PROFESSIONAL COMMUNICATION PROGRAM AT UNPRI

Penulis

  • Tetti S.Y. Manalu Universitas Prima Indonesia
  • Vic Nixson Universitas Prima Indonesia
  • Mei Lisa Universitas Prima Indonesia
  • Cynthia Hualangi STBA-PIA

DOI:

https://doi.org/10.35447/vernacular.v5i1.1179

Kata Kunci:

Motivation, Digital Technology, Mandarin Language Proficiency

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana motivasi dan teknologi digital memengaruhi peningkatan kemampuan berbahasa Mandarin pada mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional di Universitas Prima Indonesia. Secara khusus, penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi terhadap penguasaan bahasa, peran teknologi dalam proses pembelajaran, dan dampak gabungan kedua faktor tersebut terhadap hasil belajar. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner sebagai instrumen utama, yang diisi oleh 37 responden. Temuan menunjukkan bahwa motivasi memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa Mandarin (nilai signifikansi < 0,05; nilai-t = 4,390 > t-tabel = 2,032). Sebaliknya, penggunaan teknologi digital secara individu tidak memiliki pengaruh yang signifikan (signifikansi = 0,983 > 0,05). Namun, integrasi motivasi dan teknologi menunjukkan pengaruh simultan yang signifikan (signifikansi < 0,05; nilai-F = 76,279 > F-tabel = 3,27). Temuan ini menekankan pentingnya motivasi dalam pembelajaran bahasa dan menyoroti potensi teknologi jika diterapkan dengan tepat. Oleh karena itu, lembaga pendidikan didorong untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan kedua aspek ini untuk meningkatkan penguasaan bahasa Mandarin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chen, L., & Xu, Y. 2020. “The Role of Technology in Language Learning: A Systematic Review.” Journal of Educational Technology Research, 35(4): 412–430.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. 2017. Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York: Guilford Publications.
Godwin-Jones, R. 2011. “Emerging Technologies: Mobile Apps for Language Learning.” Language Learning & Technology, 15(2): 2–11.
Herzberg, F. 1959. The Motivation to Work. New York: John Wiley & Sons.
Lin, H., Chen, X., & Zhao, M. 2023. “Integrating Motivation and Technology in Language Learning: A Case Study.” International Journal of Language Learning and Technology, 28(1): 55–72.
Liu, Y., & Huang, X. 2020. “The Impact of Motivation on Second Language Acquisition.” Applied Linguistics Research, 45(2): 98–112.
Locke, E. A. 1968. “Toward a Theory of Task Motivation and Incentives.” Organizational Behavior and Human Performance, 3(2): 157–189.
Mutmainnah, S., Rahman, A., & Suryani, I. 2021. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Asing pada Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2): 78–92.
Nduru, Nike Ardila & Rudiansyah. 2022. “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1): 112–125.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. 2014. Approaches and Methods in Language Teaching. 3rd ed. Cambridge: Cambridge University Press.
Situmeang, R. 2024. Kurikulum Program Studi Bahasa Mandarin Bisnis dan Profesional: Tantangan dan Peluang. Medan: Universitas Prima Indonesia Press.
Stockwell, G. 2013. Technology and Motivation in English-Language Teaching and Learning. London: Routledge.
Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Usman, M., & Burhanuddin, A. 2021. “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Mempelajari Bahasa Asing.” Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(3): 45–58.
Vroom, V. H. 1964. Work and Motivation. New York: Wiley.
Wang, R., & Wang, L. 2021. “Digital Tools in Language Learning: Opportunities and Challenges.” Technology in Language Education, 19(3): 220–235.
Wen, X. 2011. “Chinese Language Learning Motivation: A Comparative Study of Heritage and Non-Heritage Learners.” Heritage Language Journal, 8(3): 41–66.
Zhang, S., Li, J., & Peng, W. 2022. “The Effectiveness of AI-assisted Language Learning: A Meta-analysis.” Journal of Computer-assisted Language Learning, 30(2): 145–165.

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Manalu, T. S., Vic Nixson, Lisa, M., & Hualangi, C. (2025). THE ROLE OF MOTIVATION AND DIGITAL TECHNOLOGY IN ENHANCING MANDARIN LANGUAGE PROFICIENCY AMONG STUDENTS OF THE MANDARIN LANGUAGE FOR BUSINESS AND PROFESSIONAL COMMUNICATION PROGRAM AT UNPRI. Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal, 5(1), 383–395. https://doi.org/10.35447/vernacular.v5i1.1179