Gaya Bahasa Guru Bahasa Inggris Di AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.35447/vernacular.v2i1.568Kata Kunci:
Language variation, Language style, SociolinguisticAbstrak
Penelitian ini berkaitan dengan gaya bahasa yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris. Dalam analisis tersebut adalah “apakah gaya bahasa yang digunakan dan gaya bahasa apa yang paling dominan digunakan dalam berbicara oleh Guru Bahasa Inggris di AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis mengikuti beberapa teori, yaitu: seperti Sapir (1921), Chaika (1982), Chambers (1995), Hudson (1986), Joos (1956), Holmes (2001). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan guru dalam berbicara dan gaya bahasa apa yang paling dominan digunakan oleh Guru Bahasa Inggris khususnya di AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar. Obyek penelitian ini adalah para guru yang berbicara saat mempresentasikan pertemuan seminar. Untuk mengumpulkan data, penulis merekam pembicaraan para guru.
Unduhan
Referensi
Bloomfield, Leonard. 1933. Language. Chicago: Holt Rinehart and Winston Cambridge University Press
Chaika, Elaine. 1982. Language the Social Mirror. Massachusetts, USA: Newbury House Publishers
Crystal, David. 1991. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Cambridge: Basil Blackwell. England: Harmordsworth.
Fishman, Joshua 1971. Sociolinguistics: A Brief Introduction. Rowley, Mass: Newbury House
Gumpers, J.J 1971. Language in Social Groups. Stanford University Press.
Halliday, M.A.K. 1975. Learning How to Mean: Explorations in the Development of Language (Explorations in Language Study). London: Edward Arnold.
Hymes, D. 1964. Toward Ethnographies of Communication.
Marjohan, Asril. 1988. An Introduction to Sociolinguistics. Jakarta. Depdikbud
Platt, John. T. And Heidi K. Platt. 1975. The Social Significance of Speech. Amsterdams: Worth-Holand Publishing Company.
Ridwan, T. A. 1998. Dasar-Dasar Linguistik Kontrastif. Medan: Universitas Sumatra Utara
Rogoff, B. 1990. Apprenticeship in Thinking: Cognitive Development in Social Context. New York, NY: Oxford University Press
Sapir, Edward. 1921. Language: An Introduction to the Study of Speech. New York: Harcourt, Brace and Company
Searle, John. 1969. Speech Acts: An Easy in the Philosophy of Language. Cambridge, England: Cambridge University.
Slobin, Dan Isaac. 1985 The Cross Linguistic Study of Language Acquisition: Theoretical issues, Volume 2. Routledge.
Vygotsky, L. S. 1986. Thought and Language. Cambridge:
Weaver, C. 1990. Understanding Whole Language: From Principles to Practice. Portsmouth, NH: Heinemann.
Wradhaugh, Ronald. 1972. Introduction to Linguistics. New York: Mc Graw Hill Book Company. 1986. Introduction to Sociolinguistics. New York: Mc Graw Hill Book Company.