BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

Penulis

  • Natalia Lia Simarmata Universitas Prima Indonesia
  • Kasih Kristina Waruwu Universitas Prima Indonesia
  • Putri Khairani Universitas Prima Indonesia
  • Fitria Ratnawati Universitas Prima Indonesia
  • Jamaluddin Nasution Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35447/vernacular.v3i2.755

Kata Kunci:

teaching materials, language skills, BIPA

Abstrak

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional hingga saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga banyak diminati negara lain. Perkembangan itu telah menjadikan bahasa Indonesia siap menjadi alat komunikasi internasional. Untuk mencapai menjadi bahasa internasional tentu perlu memperkenalkan bahasa Indonesia dengan pembelajaran yang menarik. Pembelajaran yang menarik dengan merancang bahan ajar yang inovatif. Bahan ajar keterampilan berbahasa menyimak, membaca, menulis, dan berbicara untuk level A1. Selain itu, bahan ajar BIPA memanfaatkan budaya-budaya yang ada di Indonesia dengan memperkenalkan ciri khas Indonesia kepada penutur asing dengan harapan hal ini akan menarik mereka mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Dengan mendeskripsikan bahan ajar keterampilan bahasa Indonesia akan menambah pengetahuan pembelajaran bagi pengajar BIPA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akyun, Qurrota (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Tulis BIPA Tingkat Pemula. Webinar Seminar Nasional Lalonget I
Defina, (2022). BIPA dan MKWK Bahasa Indonesia Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar di IPB. IPB Press: Bogor
Hasanah, Uswatun Dkk. (2019) Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Pada Mahasiswa BIPA Tingkat Dasar Di IAIN Surakarta. Jurnal Bahasa, sastra dan Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia , 6(2), 2019, 114-125
Idris Sulistiany (metode pengajaran BIPA) FPBS UPI
Lestyarini. (2012). Penumbuhan Semangat Kebangsaaan Untuk Memperkuat Karakterr Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Pendidikan Karakter tahun II Nomor 3.
Sari, Retma. 2020. Belajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Mudah dan Cepat Untuk Pemula: Komunikasi Aktif. Pustaka Rumah Cinta: Magelang.
Sulistyani, I., & Mulyono, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Di Unit Pelayanan Dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016. Perpustakaan Uns Digilib.Uns.Ac.Id.
I. Suyitno, “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing ( Bipa ) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar”, J. Wacana, Vol 9, No 1, 2007.
S. Arumdyahsari En G. Hs, Widodo Susanto, “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( BIPA ) Tingkat Madya”, J. Pendidik. Teor. Penelitian, Dan Pengemb., Bll 828–834, 2016.

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Simarmata, N. L., Waruwu, K. K., Khairani, P., Ratnawati, F., & Nasution, J. (2024). BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal, 3(2), 192–198. https://doi.org/10.35447/vernacular.v3i2.755