Penerapan Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Web Pada SMK Swasta Mandiri

  • Marina Elsera Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan
  • Muhammad Alhabib Putra Erlangga Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan
Keywords: Arsip, Sistem Informasi, Website

Abstract

Surat merupakan salah satu sarana komunikasi penting yang digunakan oleh SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan sebagai penyedia informasi. Pada SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan, pengelolaan surat belum dilakukan secara komputerisasi. Proses tersebut akan mengalami kendala seperti kesulitan mencari surat sewaktu-waktu, hilangnya surat dan membutuhkan penyimpanan besar. Adapun tujuan dilakukan kegiatan ini yakni membangun sebuah sistem informasi arsip berbasis website menggunakan framework codeigniter. Aplikasi ini dirancang menggunakan PHP dan MySQL. Karena berbasis web, aplikasi pengarsipan ini mempunyai kemampuan dapat diakses dimanapun, admin dapat mengelola dengan login user sehingga dapat melakukan menambah, mengedit, menghapus dan menyimpan surat masuk dan keluar, dapat melakukan pencarian surat masuk dan surat keluar berdasarkan pengirim dan perihal, serta dapat mencetak laporan. Hasil yang diperoleh dari implementasi aplikasi arsip surat menyurat ini yaitu memudahkan staf tata usaha dalam mengelola pengarsipan surat yang dulunya manual menjadi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Masykur, F., & Atmaja, I. M. P. (2015). Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 4(3).
MADCOMS. (2016). Pemograman PHP dan Mysql untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit ANDI. iPusnas
Prehanto, D. R. (2020). BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. Scorpindo Media Pustaka.
Published
2023-12-08
How to Cite
Elsera, M. and Putra Erlangga, M. (2023) “Penerapan Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Web Pada SMK Swasta Mandiri”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 55-60. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.806.