Pelatihan Dasar-Dasar Matlab untuk Pembelajaran di Sekolah SMK Isitqal

  • Lisa Adriana Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Ahmad Yanie Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Yussa Ananda Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Indra Roza Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
Keywords: Pelatihan, dasar-dasar, komputer, matlab

Abstract

Seiring perkembangan zaman membawa dampak yang dapat merubah segala hal. Teknologi yang saat itu masih menggunakan mesin tik kini beralih dengan sebuah benda yang dinamakan komputer. Dengan keberadaan komputer ini tentunya tidak akan disia- siakan manfaatnya oleh berbagai pihak. Manfaat yang diberikan dengan adanya komputer memberikan kemudahan bagi berbagai pihak yang membutuhkannya. Seperti seorang IT tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan fungsi komputer dalam mencari berbagai informasi. Begitu pula tenaga kerja yang bekerja dalam bidang pendidikan memanfaatkan komputer dalam menunjang sarana pendidikan. Seiring dengan berkembangnya komputer maka berkembang pula dunia pendidikan. Tidak sedikit permasalahan-permasalahan muncul pada pendidikan yang dapat diselesaikan dengan cara manual. Banyak program aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan mulai yang dari sederhana hingga kompleks, khususnya permasalahan dalam ilmu Matematika seperti aplikasi GeoGebra . Matlab atau Matrix Laboratory merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk pemrograman, analisis, serta komputasi teknik dan matematis berbasis matriks. Matlab pertama dirilis pada tahun 1970 oleh Cleve Moler. Awalnya Matlab digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan tentang persamaan aljabar linier. Dan hingga saat ini sistem pada Matlab semakin berkembang dalam segi fungsi dan performa komputasinya .

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aris Sugiharto, Pemrograman GUI dengan MATLAB, ANDI, Yogyakarta,2006
2. A. Tjolleng, 2017, “Pengantar Pemograman Matlab”Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
3. Hendra Kartika, “Pembelajaran Matematika Berbantuan Soft Ware Matlab Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA”, Jurnal Pendidikan Unsika Vol.2, No.1, November 2014.
4. K.A. Stround, Dexter J. Boot (2003). Matematika Teknik. 5ed,Penerbit Erlangga.
5. Tia Febrianti, Erwin Harahap, “Penggunaan Aplikasi Matlab Dalam Pembelajaran Program Linier”, Jurnal Matematika Vol.20, No.1, Mei 2021
6. Wijaya Widjanarka.N. (2006). Teknik Digital , Penerbit Erlangga Jakarta.
Published
2023-12-08
How to Cite
Adriana, L., Yanie, A., Ananda, Y. and Roza, I. (2023) “Pelatihan Dasar-Dasar Matlab untuk Pembelajaran di Sekolah SMK Isitqal”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 49-54. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.839.