Pembelajaran BIPA Berbasis Audiovisual: Memperkenalkan Pakaian Adat Sumatera kepada Siswa Sekolah Dasar.
DOI:
https://doi.org/10.35447/vernacular.v2i4.1066Kata Kunci:
BIPA, media audiovisual, pakaian adat, pulau Sumatera, sekolah dasarAbstrak
Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang efektif untuk anak tingkat sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui penggunaan media audiovisual yang menarik dan relevan dengan budaya Indonesia. Studi ini menyajikan model pembelajaran BIPA berbasis media audiovisual yang memfokuskan pada pengenalan pakaian adat di pulau Sumatera. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan dirancang sebagai gagasan pembelajaran kreatif, bukan hasil penelitian empiris. Dalam pendekatan ini, siswa sekolah dasar tingkat tertinggi (anak dengan usia 11-12 tahun level A2) diberikan tayangan audiovisual mengenai pakaian adat tersebut, kemudian diikuti oleh aktivitas tebak gambar untuk mengidentifikasi pakaian yang ditampilkan. Setelah itu, siswa menyampaikan makna filosofis dari pakaian adat tersebut. Melalui strategi ini, diharapkan pembelajar BIPA tingkat dasar dapat lebih mudah memahami dan mengingat kosa kata baru yang berhubungan dengan budaya Indonesia, khususnya Sumatera. Penggunaan media audiovisual diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sementara aktivitas tebak gambar dapat memperkuat daya ingat dan pemahaman mereka terhadap materi. Pembelajaran berbasis budaya ini juga diharapkan menjadi pendekatan yang menarik dan kontekstual, sejalan dengan kebutuhan pembelajaran bahasa yang komunikatif dan bermakna bagi anak-anak.
Kata Kunci: BIPA, media audiovisual, pakaian adat, pulau Sumatera, sekolah dasar
Unduhan
Referensi
Denzin, N., & Lincoln, Y. (2005). Introduction: The discipline and practice of qualitative research In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research. In The Sage.
Dewi, A. N. (2023). Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing melalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(2).
Lewis, S. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. In Health Promotion Practice (Vol. 16, Issue 4). https://doi.org/10.1177/1524839915580941
Merriam, S. B. (2009). Qualitative research: A guide to design and implementation. In The JosseyBass higher and adult education series (Vol. 2nd). https://doi.org/10.1097/NCI.0b013e3181edd9b1
Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI DASAR PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE TEBAK GAMBAR. Jurnal Tahsinia, 2(1). https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294
Mustain, A. safitri, Ruhma, N., Nur Asrofah, A., Rohmaniah, A., Mubarok, H., & Ulya, F. (2021). DAMPAK PERTEMUAN DUA KULTURAL DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI (SEKOLAH INDONESIA DEN HAAG-SIDH) PADA SISWA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Journal of Education Learning and Innovation (ELIa), 1(1). https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.204
Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379
Nurmanita, T. S., Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Anam, K., Wardah, D., Rohmah, M., & Artikel, R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENGUATKAN IDENTITAS NASIONAL SISWA DI LUAR NEGERI: PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SEKOLAH INDONESIA MALAYSIA DAN SINGAPURA INFO ARTIKEL ABSTRAK. 15(4), 329–339. https://doi.org/10.31764
Putri, T. W., Lumbangaol, P. M., Syahfitri, D., & Arianto. (2024). Pengenalan Budaya Sumatera Utara (Ulos Batak Toba) melalui Permainan Ular Tangga Edukatif sebagai Bahan Ajar BIPA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Riyanti, A. (2019). PEMANFAATAN AUDIOVISUAL BERMUATAN BUDAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA. KIPBIPA XI, 1(1).
Sudaryanto, S., & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.777