CIRI-CIRI MAKNA IDEASIONAL DALAM IKLAN PERAWATAN KULIT MS GLOW UNTUK WANITA

Penulis

  • Assyifa Dara Humairah simatupang universitas harapan medan

DOI:

https://doi.org/10.35447/vernacular.v5i1.1178

Kata Kunci:

Idesional, Transifiti, MS Glow

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adanya makna-makna ideasional yang terkandung dalam iklan produk perawatan kulit MS GLOW dimana keberadaan makna-makna tersebut dapat mempengaruhi cara berpikir wanita dan membujuk mereka untuk membeli produk tersebut. Peneliti disini mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian dengan cara menangkap pada website Ms Glow. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori transitif. Makna ideasional diperoleh dari analisis sistem transitivitas. Terdapat enam proses yang ditampilkan dalam iklan produk perawatan kulit MS Glow yang terdiri dari proses material, relasional dan mental. proses yang paling dominan yang muncul adalah materi yang mana proses tersebut digunakan untuk merepresentasikan produk dan sikap perempuan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ananthya, K. (2021)."Emotional Appeal in Beauty Advertising: A Study on Behavioral Processes." Journal of Consumer Behavior_, 20(4), 313-326.
Chaer, A. (2014).Linguistik Umum: Kajian Teoritis dan Praktis.Jakarta: Rineka Cipta.
Etnawati, S., Wibowo, H., & Prabowo, S. (2019). "The Role of Physical Appearance in Beauty Advertisements." Journal of Advertising Research, 59(3), 238-249.
Gerot, L., & Wignell, P. (1994).Making Sense of Functional Grammar.Sydney: Antipodean Educational Enterprises.
Halliday, M. A. K. (1973).Explorations in the Functions of Language.London: Edward Arnold
Halliday, M. A. K. (1985).An Introduction to Functional Grammar.London: Edward Arnold.
Handriana, H., & Aulia, F. (2021). "Beauty Standards and Cultural Influences in Advertising." Cultural Studies Review, 15(2), 88-102.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009).Marketing Management. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Lestari, Y. (2020). "The Influence of Western Beauty Ideals on Asian Advertising." Journal of International Advertising, 28(3), 150-165.
Mediarti, M., & Hadita, N. (2022).** "The Influence of Beauty Advertisements on Societal Standards." Indonesian Journal of Communication, 19(1), 67-80.
Morissan. (2010).Dasar-Dasar Periklanan: Pengertian dan Konsep. Jakarta: Rajawali Pers.
Nagara, N., & Nurhajati, J. (2022)."Westernized Beauty Standards in Indonesian Advertising: A Critical Analysis." Journal of Media and Communication Studies, 14(2), 45-56.
Sidiq, A., & Choiri, M. (2019).Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep dan Praktik. Jakarta: Penerbit Kencana.
Sugiharti, N. (2018)."Cultural Variations in Beauty Standards: A Comparative Study." _Asian Journal of Social Science, 46(1), 22-39.

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

simatupang, A. D. H. (2025). CIRI-CIRI MAKNA IDEASIONAL DALAM IKLAN PERAWATAN KULIT MS GLOW UNTUK WANITA. Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal, 5(1), 375–382. https://doi.org/10.35447/vernacular.v5i1.1178