Pembelajaran Web Blog dan Simulasi Packet Tracer sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Ilmu Pengetahuan terhadap SMK TKJ pada Sekolah SMK Swasta Al-Washliyah Medan

  • Yessi Fitri Annisah Lubis Universitas Harapan Medan
  • Yuyun Dwi Lestari Universitas Harapan Medan
  • Arief Budiman Universitas Harapan Medan
Keywords: Web Blog, Packet tracer, Internet

Abstract

Internet dan jaringan merupakan bagian dari ilmu pemrograman komputer yang terdapat dalam kurikulum pembelajaran komputer. Ilmu ini berperan penting dalam penyampaian dan penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan dalam dunia teknologi. Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diajarkan pada sekolah-sekolah yang memiliki pengajaran komputer untuk memudahkan penyampaian serta penerapan dan mengaplikasikannya secara langsung. Pembelajaran internet dan jaringan secara dini sangat diperlukan bagi siswa-siswi SMK yang sangat berminat pada ilmu komputer khususnya jurusan TKJ. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka agar dapat menghasilkan karya-karya baru khusus di dunia teknologi dan dapat bersaing dengan orang banyak ketika mereka selesai menempuh pendidikan SMK di dunia kerja. Kegiatan “Pembelajaran Web blog dan Simulasi Packet tracer Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Ilmu Pengetahuan Terhadap SMK TKJ Pada Sekolah SMK swasta Al-Washliyah Medan” memiliki alasan tertentu terutama karena sebahagian besar para siswa-siswi di SMK swasta Al-Washliyah Medan belum mengerti banyak pemahaman tentang dasar penggunaan internet dan jaringan. SMK swasta AlWashliyah Medan merupakan institusi pendidikan yang mempunyai visi meningkatkan kualitas layanan terutama layanan kepada para peserta didiknya (siswa-siswi). Implikasi dari peningkatan penerimaan siswa tersebut harus diimbangi dengan kualitas pendidikan yang baik salah satunya menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas ketika terjun ke masyarakat atau bersaing dalam dunia kerja. Tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang internet dan jaringan bagi siswa-siswi SMK swasta Al-Washliyah jurusan TKJ, serta memperkenalkan pengetahuan dasar tentang internet dan penggunaannya serta jaringan yang digunakan sebagai sarana penyebaran informasi dan pengetahuan. Sehingga kegiatan ini memiliki kontribusi secara praktis dan relevansi secara teoritis bagi siswa-siswi SMK swasta Al-Washliyah jurusan TKJ. Dan dapat memberikan manfaat untuk menarik minat siswa dalam mengenal internet dan jaringan serta menambah ilmu dan pengetahuan dalam bidang internet dan jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yessi Fitri Annisah Lubis, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika Fakultas Teknik & Komputer Universitas Harapan Medan

Yuyun Dwi Lestari, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika Fakultas Teknik & Komputer Universitas Harapan Medan

Arief Budiman, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan

References

Blogger. https://www.blogger.com/about/?hl=id (diakses 16 Januari 2017)
Google Accounts. https://accounts.google.com/SignUp?hl=in (diakses 16 Januari 2017)
Published
2020-08-18
How to Cite
Lubis, Y., Lestari, Y. and Budiman, A. (2020) “Pembelajaran Web Blog dan Simulasi Packet Tracer sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Ilmu Pengetahuan terhadap SMK TKJ pada Sekolah SMK Swasta Al-Washliyah Medan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 31-35. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.167.

Most read articles by the same author(s)