Cyber Counseling Berbasis Web Dalam Meningkatkan Layanan Konseling

  • Fera Damayanti Universitas Harapan Medan
  • Yessi Fitri Annisah Lubis Universitas Harapan Medan
  • Yuyun Dwi Lestari Universitas Harapan Medan
  • Febri Alfiani Putri Harahap Universitas Harapan Medan
Keywords: cybercounseling, bimbingan konseling, guru bimbingan konseling, siswa

Abstract

SMP Negeri 36 Medan memiliki peserta didik dengan berbagai latar belakang. Bimbingan dan konseling merupakan sebuah layanan bantuan yang diberikan oleh sekolah kepada peserta didik yang memiliki permasalahan agar dapat diselesaikan. Hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada guru bimbingan konseling SMP Negeri 36 Medan menyatakan bahwa masih merasa kesulitan dalam menangani permasalahan yang dihadapi peserta didik. Adanya perkembangan teknologi dan komunikasi memberi kemudahan dan memperluas ruang gerak Masyarakat dewasa ini. Artinya hampir sebagian besar aktivitas masyarakat tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, kapan dan dimana saja. Penggunaan media social yang tinggi sebanding dengan perkembangan generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi. Generasi ini mempunyai karakteristik komunikasiyang terbuka, pengguna media sosial yang fanatik, kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi. Konselor yang professional harus menciptakan cara, strategi atau metode baru yang kreatif dan inovatif untuk menunjang pelayanan bimbingan dan konseling pada generasi milenial. Pelayanan cybercounseling adalah salah satu bentuk inovasi dan terobosan dalam dunia konseling bagi generasi milenial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1.] Alicia, P. (2022). Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining dalam Mengidentifikasi Penyakit Kambing. Jurnal Informasi Dan Teknologi. https://doi.org/10.37034/jidt.v4i4.216.
[2.] Ari, F., Jayanti, N., & Hidayati, N. (2022). Peran Cyber counseling dalam Mengatasi Problematika Siswa di Masa Pandemi (Studi Kasus di SMPN 1 Sumenep) (Vol. 13) . Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.
[3.] Butsianto, S., & Riyanti, P. (2019). Penerapan Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining Untuk Deteksi Penyakit Pada Kucing Anggora Berbasi Web (Vol. 9). Jurnal Teknologi Pelita Bangsa.
[4.] Cahyadi, B. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Mesin Inferensi Forward Chaining Berbasis Android (Vol. 2, Issue 1). In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.
[5.] Endy Budianto, A., Hidayah, N., & Aziz, A. (2019). Aplikasi Cyber counseling Dengan Megoptimalkan Whatsapp Berbasis Komputasi Mobile. https://jurnal.machung.ac.id/index .php/kurawal
[6.] Hidayat, A., Yani, A., Studi Sistem Informasi, P., & Mahakarya, S. (2019). Membangun Website SMA PGRI Gunung Raya Ranau Menggunakan PHP dan MySQL (Vol. 2, Issue 2). Jurnal Teknik Informatika Mahakarya
[7.] Imron, I., Afidah, M. N., Nurhayati, M. S., Sulistiyah, S., & Fatmawati, F. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Transmission Automatic dengan Metode Forward Chaining Studi Kasus: AHASS 00955 Mitra Perdana. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.742
[8.] Irvin Naufal, M., Barja Sanjaya, M., Wisnu Wijayanto, P., & Ing, Sp. (n.d.). (2020). Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Hewan Peliharan Berbasis Web Expert System Application For Diagnosis Petideases (Web- Based). Jurnal e-Proceeding of Applied Science.
Published
2024-05-11
How to Cite
Damayanti, F., Lubis, Y., Lestari, Y. and Harahap, F. (2024) “Cyber Counseling Berbasis Web Dalam Meningkatkan Layanan Konseling”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), p. 59. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i01.918.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>