Penyuluhan Kesadaran akan Bahaya Keylogger dan Phising terhadap Pencurian Password bagi Kalangan Remaja SMA Negeri 13 Medan

  • Rosyidah Siregar Universitas Harapan Medan
  • Andi Marwan Elhanafi Universitas Harapan Medan
  • Herlina Harahap Universitas Harapan Medan
  • Yessi Fitri Annisah Lubis Universitas Harapan Medan
Keywords: Keylogger, Phising, Password, Remaja

Abstract

Tingginya interaksi remaja terhadap teknologi Internet tidak seiring dengan pengetahuan yang cukup terhadap bahaya yang ada. Penggunaan fasilitas komunikasi seperti social media, messenger, email dan lain sebagainya khususnya di kalangan remaja rentan terhadap ancaman keamanan seperti phising dan pencurian password. Kesadaran akan keamanan sering kali diabaikan oleh kalangan remaja, padahal kejadian pembajakan akun yang dapat menyebabkan kerugian baik dalam bentuk materil maupun imateriil seringkali terjadi. Pentingnya pemahaman terhadap ancaman keamanan digital seperti phising dan pencurian password pada kalangan remaja seperti pada pelajar SMA Negeri 13 Medan membuat dianggap perlunya dilakukan sosialisasi dan penyuluhan bahaya phising dan keylogger sehingga berdasarkan alasan tersebut maka pada kegiatan ini akan dilakukan sosialisasi dan penyuluhan bahaya phising dan keylogger pada remaja SMA Negeri 13 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosyidah Siregar, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan

Andi Marwan Elhanafi, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Herlina Harahap, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Yessi Fitri Annisah Lubis, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

Akraman, R., Candiwan, & Priyadi, Y. (2018). Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi dan Privasi Pada Pengguna Smartphone Android di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 02, DOI : 10.21456/vol8iss2pp115-122.

Berisha, F. (2015). Digital Archives Management and Permanent Storage of Documents. ATLANTI, 25, 2015, n.1.

Boudrez, F. (2005). Digital Archiving: the new challenge? I.R.I.S Document to Knowledge, D/2005/10.484/1.

Setiawati, M., ’Aini, Y., & Aida, W. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian). Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian.
Published
2020-10-09
How to Cite
Siregar, R., Elhanafi, A., Harahap, H. and Lubis, Y. (2020) “Penyuluhan Kesadaran akan Bahaya Keylogger dan Phising terhadap Pencurian Password bagi Kalangan Remaja SMA Negeri 13 Medan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 40-44. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.209.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>