Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Batik pada UKM Batik Ardhina

  • Nurjamiyah Nurjamiyah Universitas Harapan Medan
  • Hasdiana Hasdiana Universitas Harapan Medan
Keywords: Teknologi, UKM, E-Commerce

Abstract

E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet. Seluruh komponen yang ada dalam perdagangan diaplikasikan ke dalam e-commerce seperti customer service, layanan produk, cara pembayaran dan cara promosi. Perkembangan internet yang semakin maju merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya e-commerce. UKM Batik Ardhina merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam pembuatan produksi batik. Seiring berkembangnya UKM Batik Ardhina permintaan konsumen akan barang pun semakin meningkat, akan tetapi saat ini sistem yang ada di UKM Batik Ardhina masih manual, seperti tidak adanya penyimpanan pengolahan data yang terstruktur, promosi barang masih menggunakan banner. Tidak adanya sarana penjualan jarak jauh yang bisa mempermudah perusahaan dalam memperluas wilayah pemasaran. Konsumen harus datang sendiri ke lokasi dan pembayaran dilakukan secara tunai. Hal ini tentu menyulitkan para calon konsumen dari dalam dan luar kota, dikarenakan harus mengeluarkan biaya untuk mengunjungi UKM Batik Ardhina. Sehingga calon konsumen membutuhkan layanan pembelian dan pembayaran secara online dan transfer melalui rekening.  Tujuan dilakukannya program kegiatan  ini adalah melatih dan membuat e-commerce yang dapat mendukung proses penjualan batik.

Hasil yang kami peroleh adalah (1) Aplikasi ini dapat menyajikan informasi terkait dengan UKM Batik Ardhina;(2) konsumen dapat melihat info tentang jenis-jenis produk yang dijual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurjamiyah Nurjamiyah, Universitas Harapan Medan

Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik & Komputer Universitas Harapan Medan

References

Susandi, D., & Sukisno. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi. Volume 4, Agustus 2017, pp 5-8.

Setiawan, E.P., & Ismurjanti. (2018). Penggunaan internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan., Vol.6., No.2, pp 169-182.

Hakim. L.M., (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State: Journal of International Studies., Vol. 1 No.1., pp 61-90
Published
2022-12-14
How to Cite
Nurjamiyah, N. and Hasdiana, H. (2022) “Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Batik pada UKM Batik Ardhina”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), pp. 26-30. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i02.623.

Most read articles by the same author(s)