Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Google Suite pada SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan

  • Hasdiana Hasdiana Universitas Harapan Medan
  • Boni Oktaviana Sembiring Universitas Harapan Medan
  • Nurjamiyah Nurjamiyah Universitas Harapan Medan
Keywords: Layanan IT, Pengelolaan Data, Google Suite

Abstract

Revolusi digital pada zaman milenial ini turut mempengaruhi dunia bisnis. Bagi seorang pemula, tentunya sulit membangun arsitektur bisnis yang lengkap dan mengelola administrasinya dengan baik. Terdapat suatu layanan yang dapat membantu mengelola administrasi bisnis dengan mudah. Layanan tersebut adalah Google Suite, yaitu sebuah layanan yang diciptakan oleh Google yang mengedepankan mobilitas dan kolaborasi untuk penyempurnaan kebutuhan IT di era millenials saat ini. Google suite merupakan layanan berbasis cloud yang membuat siapa saja bisa melakukan kolaborasi dokumen, chat, konfrensi video dengan mudah dan real time. Layanan ini juga memungkinkan penggunanya untuk tetap produktif dalam segala jenis pekerjaan tanpa perlu khawatir lagi dengan kapasitas ruang yang ada di perangkat masing-masing. Melihat banyaknya manfaat Google Suite, maka sosialisasi untuk pengelolaan administrasi bisnis dengan menggunakan Google Suite dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di SMK Swasta Mandiri, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini, siswa SMK Swasta Mandiri mendapatkan tambahan pengetahuan tentang Google Suite untuk pengelolaan administrasi bisnis yang dmiliki ataupun yang direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hasdiana Hasdiana, Universitas Harapan Medan

Sistem Informasi - Universitas Harapan Medan

Boni Oktaviana Sembiring, Universitas Harapan Medan

Sistem Informasi - Universitas Harapan Medan

Nurjamiyah Nurjamiyah, Universitas Harapan Medan

Sistem Informasi - Universitas Harapan Medan

References

Iyan Supriyana, 2010, Perencanaan Model Arsitektur Bisnis, Arsitektur Sistem Informasi dan Arsitektur Teknologi Dengan Menggunakan TOGAF: Studi Kasus Bakosurtanal, Jurnal Generic, Vol. 5 No.1 (Januari 2010).
Nusa.Id, 2019, Yuk Mengenal Layanan G Suite dari Google beserta Kelebihannya, dilihat 15 November 2019, .
Willy Sudiarto Raharjo. Dkk, 2019, Pemanfaatan G Suite for Education untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dan Kapasitas Guru SMA, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4, No. 1
Published
2021-08-03
How to Cite
Hasdiana, H., Sembiring, B. and Nurjamiyah, N. (2021) “Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Google Suite pada SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 47-51. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.377.

Most read articles by the same author(s)