Aplikasi untuk Menghitung Estimasi Biaya Pembuatan Pagar Besi dengan Cepat

  • Sayuti Rahman Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Suriati Suriati Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Risko Liza Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Arnes Sembiring Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Muhammad Zen Sains dan Teknologi, Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Indonesia
Keywords: Pembuatan pagar, estimasi harga, Aplikasi dengan MS Excel

Abstract

Kurangnya lowongan pekerjaan memberi dampak negatif bagi masyarakat Indonesia. Seorang dengan keahlian dan pendidikan rendah akan tersisih dari persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tidak sedikit dari mereka mengambil jalan pintas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini mengakibatkan terjadinya pencurian, begal dan sejenisnya. Dampak negatif ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat dengan berkurangnya rasa aman, terutama di rumah. Demi menjaga keamanan linkungan, masyarakat bahu membahu mengadakan perangkat keamanan seperti satpam dan CCTV. Namun itu belum cukup untuk menghilangkan rasa tidak aman di masyarakat. Banyak masyarakat menambah pagar pada rumah mereka agar merasa lebih aman, sekaligus memberi keindahan. Kebutuhan masyarakat dan pengusaha untuk menghitung estimasi biaya pembuatan pagar sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan pengusaha untuk membuat form hitung cepat biaya pembutan pagar menggunakan MS Excel. Berdasarkan model dan aplikasi yang dibuat, masyarakat dan pengusaha dapat menghitung estimasi harga dengan cepat dan tepat. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan bisa dibuka pada perangkat smart phone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. M. Sabiq And N. C. Apsari, “Dampak Pengangguran Terhadap Tindakan Kriminal Ditinjau Dari Perspektif Konflik,” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, Vol. 3, No. 1, Pp. 51–64, 2021.
[2] C. N. Rianda, “Analisis Dampak Pengangguran Berpengaruh Terhadap Individual,” At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, Pp. 17–26, 2020.
[3] S. Sugianto And Y. T. P. Yul, “Faktor Penyebab Pengangguran Dan Strategi Penangananpermasalahan Pengangguran Pada Desa Bojongcae, Cibadak Lebak Provinsi Banten,” Ikraith-Ekonomika, Vol. 3, No. 2, Pp. 54–63, 2020.
[4] J. A. Hasan And A. M. Yeubun, “Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Pengangguran Terhadap Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor Di Kota Sorong,” 2021.
[5] M. Ramdhani, I. Purnama, And Y. N. Wijayanto, “Implementasi Cctv Sebagai Monitoring Keamanan Lingkungan Di Rt 04 Rw 13 Komplek Griya Prima Asri Baleendah,” In Community Service Seminar & Community Engagement (Cosecant), 2022, Vol. 1, No. 2.
[6] N. P. Sawitri, N. N. K. Yasa, And A. Jawas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Tegal Sari Accommodation Di Ubud,” Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, Pp. 40–47, 2013.
[7] J. Jablonsky, “Ms Excel Based Software Support Tools For Decision Problems With Multiple Criteria,” Procedia Economics And Finance, Vol. 12, Pp. 251–258, 2014.
[8] S. Rahman, R. Liza, R. Aulia, And H. Dafitri, “Pelatihan Youtuber Pemula Bagi Remaja Stm Al-Muhajirin Rumah Pondok 6,” Jurnal Abdimas Budi Darma, Vol. 2, No. 2, Pp. 155–159, 2022.
[9] P. Sianipar, Cara Mudah Menggunakan Microsoft Excel 2010. Elex Media Komputindo, 2013.
[10] S. Jarot, A. Shenia, And S. Sudarma, Buku Pintar Microsoft Office 2007 & 2010: Word-Excel-Powerpoint. Mediakita, 2012.
[11] J. Walkenbach, Excel 2010 Power Programming With Vba, Vol. 6. John Wiley & Sons, 2010.
Published
2022-12-01
How to Cite
Rahman, S., Suriati, S., Liza, R., Sembiring, A. and Zen, M. (2022) “Aplikasi untuk Menghitung Estimasi Biaya Pembuatan Pagar Besi dengan Cepat”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), pp. 13-19. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i02.603.