Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu

  • Sayuti Rahman Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Arnes Sembiring Program Studi Teknik Informatika, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
  • Rachmat Aulia Program Studi Teknik Informatika, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
  • Haida Dafitri Program Studi Teknik Informatika, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
  • Risko Liza Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
Keywords: ChatGPT, Pendamping Belajar, Tutor

Abstract

Siswa SMK sering menghadapi tantangan dalam pembelajaran seperti akses informasi yang terbatas, kesulitan dalam memecahkan masalah, dan kurangnya sumber belajar yang relevan. Oleh karena itu perlu metode atau alat untuk memcahkan masalah ini,salah satunya adalah ChatGPT. ChatGPT dapat memenuhi kebutuhan siswa dengan menyediakan akses informasi yang lebih luas, membantu dalam pembelajaran mandiri, dan memberikan panduan serta penjelasan tambahan dalam memecahkan masalah. Penggunaan ChatGPT juga memungkinkan siswa mengakses sumber daya pembelajaran tambahan di luar jam pelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru, dengan kemampuan ChatGPT dalam menjawab pertanyaan, meringkas dokumen, menerjemahkan teks, dan memahami kode program. Respon siswa setelah pelatihan juga sangat positif terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran. Sehingga, ChatGPT efektif dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa di SMK Negeri 1 Pantai Labu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. A. Sobarnas, “Uji Kompetensi Penguasaan Software Untuk Solusi Bisnis Di Wilayah Kab. Bogor Sebagai Upaya Peningkatan Skill Smk Jurusan RPL,” BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 74–87, 2021.
[2] W. Herwina, “Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi,” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 35, no. 2, pp. 175–182, 2021.
[3] A. R. DAMAYANTI, “Pengaruh Prestasi Belajar, Penguasaan Teknologi Informasi, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Siswa SMK Ma’arif 6 Ayah Kebumen).” Universitas Jenderal Soedirman, 2021.
[4] F. Adikara and J. A. U. No, “Penyuluhan Mengenai Tantangan Revolusi Industri4. 0 Di Bidang Pendidikan.”
[5] A. Purwarianti, “Implikasi ChatGPT dan AI Bagi Pendidikan Tinggi dan Perpustakaan di Masa Depan,” 2023.
[6] W. Rachbini and T. Evi, Pengenalan Chatgpt Tips Dan Trik Bagi Pemula. Cv. Aa. Rizky, 2023.
[7] Z. Munawar, H. Soerjono, N. I. Putri, and A. Dwijayanti, “Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah,” TEMATIK, vol. 10, no. 1, pp. 54–60, 2023.
[8] C. Lyu, J. Xu, and L. Wang, “New trends in machine translation using large language models: Case examples with chatgpt,” arXiv preprint arXiv:2305.01181, 2023.
[9] W. Jiao, W. Wang, J. Huang, X. Wang, and Z. Tu, “Is ChatGPT a good translator? A preliminary study,” arXiv preprint arXiv:2301.08745, 2023.
[10] A. Kashefi and T. Mukerji, “Chatgpt for programming numerical methods,” Journal of Machine Learning for Modeling and Computing, vol. 4, no. 2, 2023.
[11] N. M. S. Surameery and M. Y. Shakor, “Use chat gpt to solve programming bugs,” International Journal of Information Technology & Computer Engineering (IJITC) ISSN: 2455-5290, vol. 3, no. 01, pp. 17–22, 2023.
[12] H. Tian et al., “Is ChatGPT the Ultimate Programming Assistant--How far is it?,” arXiv preprint arXiv:2304.11938, 2023.
Published
2023-07-11
How to Cite
Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H. and Liza, R. (2023) “Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), pp. 1-7. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i01.744.