Pelatihan Media Website Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Desa Sei Limbat

  • Muhammad Zen Sains dan Teknologi, Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Indonesia
  • Chairul Rizal Sains dan Teknologi, Sistem Komputer, Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan, Indonesia
  • Sayuti Rahman Prodi Teknik Informatika, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Risko Liza Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
  • Rachmat Aulia Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan
Keywords: Pelatihan Wordpress, Promosi UMKM, Desa Sei Limbat

Abstract

Pengembangan UMKM Desa merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan. UMKM Desa bertujuan untuk menghasilkan produk dengan tingkat daya saing yang tinggi, memastikan produk-produk tersebut telah memenuhi standar kualitas, pengemasan, perizinan, serta sertifikasi yang diperlukan. Salah satu produk unggulan yang telah siap untuk dipasarkan adalah gula aren, yang memiliki beberapa varian produk. Strategi pemasaran saat ini dilakukan secara tradisional, baik melalui penjualan langsung, pameran produk, maupun melalui platform pasar digital.Pengembangan UMKM yang mendapatkan bimbingan dari pemerintah desa memiliki nilai tambah yang signifikan dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mempromosikan produk-produk UMKM sebagai produk yang didukung secara aktif oleh Desa Sei Limbat. Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Sei Limbat, terutama generasi muda, dapat dilakukan pelatihan untuk mengembangkan media website menggunakan Content Management System (CMS) seperti Wordpress yang merupakan salah satu CMS populer saat ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat desa dalam bidang teknologi serta memungkinkan produk-produk yang dihasilkan untuk dipromosikan melalui platform website yang mereka bangun. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan penetrasi pasar bagi UMKM Desa Sei Limbat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] V. Sima, I. G. Gheorghe, J. Subić, and D. Nancu, “Influences of the industry 4.0 revolution on the human capital development and consumer behavior: A systematic review,” Sustainability, vol. 12, no. 10, p. 4035, 2020.
[2] F. Huda and S. Sukadiono, “Peningkatan penjualan melalui pendampingan online selling pada platform digital,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 557–566, 2021.
[3] S. Sakir, A. Ishak, and R. B. Setianingrum, “Optimalisasi Pemasaran Produk BUMDesa Melalui Pendampingan Pembuatan Platform Digital belanjadesa. id,” Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2023.
[4] N. S. Az-Zahra, “Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM,” in NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2021, vol. 1, no. 1, pp. 77–88.
[5] H. S. Utomo, A. Supriyanto, O. Rahmanto, and W. Yuliyanti, “PEMANFAATAN WORDPRESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI DESA PEMUDA KNPI,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), vol. 7, no. 2, pp. 65–74, 2022.
[6] R. Kartadie, E. Kurniawan, and A. S. Auliadi, “Pembuatan Dan Edukasi Pengelolaan Website Untuk Branding Usaha Jasa Travel,” ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 6, no. 3, pp. 984–992, 2023.
[7] S. Santosa and H. Ismaya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung,” Pro Mark, vol. 11, no. 1, p. 8, 2021.
[8] S. J. Raharja and S. U. Natari, “Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 108–123, 2021.
[9] M. Zen, R. B. Utomo, and N. Hamdi, “Sistem Informasi Penjadwalan Mata Pelajaran Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping Pada SMKN 9 Medan,” Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, vol. 3, no. 3, pp. 239–246, 2023.
[10] A. A. A. Ushud, I. Novita, and N. Juliasari, “Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang,” Jurnal Pengabdian Masyarakat TEKNO, vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2021.
[11] P. S. Hasugian, “Perancangan website sebagai media promosi dan informasi,” Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. 3, no. 1, 2018.
Published
2023-12-30
How to Cite
Zen, M., Rizal, C., Rahman, S., Liza, R. and Aulia, R. (2023) “Pelatihan Media Website Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Desa Sei Limbat”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 61-67. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.850.