Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Teknik Informatika Sumatera Utara

  • Sayuti Rahman Program Studi Teknik Informatika, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Hartono Hartono Prodi Teknik Informatika, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Arnes Sembiring Program Studi Teknik Informatika, Universitas Medan Area, Medan, Indonesia
  • Erianto Ongko Program Studi Bisnis Digital, Institut Modern Arsitektur dan Teknologi, Medan, Indonesia
  • Rachmat Aulia Program Studi Teknik Informatika, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
Keywords: Penulisan Karya Ilmiah, Mahasiswa Teknik Informatika, Pelatihan, Tool Penelitian, Peningkatan Pemahaman

Abstract

Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah kepada mahasiswa Teknik Informatika di Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan kerjasama antara lembaga pendidikan tinggi dan organisasi profesi, yaitu Ikatan Profesi Komputer Informatika Nusantara (IKAPKIN). Pelatihan dilakukan melalui platform Zoom dan melibatkan 81 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Utara. Materi pelatihan mencakup berbagai trik dan tool dalam penulisan karya ilmiah, serta panduan dalam memanfaatkan tool penelitian seperti ChatGPT, DeepL.Com, Grammarly, Quillbot, dan Mendeley. Hasil evaluasi postest menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta terhadap penggunaan tool penelitian, dengan jumlah peserta yang memahami meningkat secara signifikan. Respon positif terhadap penyampaian materi pelatihan juga tercatat. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa Teknik Informatika di Sumatera Utara

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Jasiah, I. R. Kusumawati, and W. Febrina, “Pelatihan Sistematika Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa,” Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, vol. 4, no. 1, pp. 58–64, 2023.
[2] S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri, and R. Liza, “Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu,” Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 01, pp. 1–7, 2023.
[3] P. Polakova and B. Klimova, “Using DeepL translator in learning English as an applied foreign language–An empirical pilot study,” Heliyon, vol. 9, no. 8, 2023.
[4] L. Ding and D. Zou, “Automated writing evaluation systems: A systematic review of Grammarly, Pigai, and Criterion with a perspective on future directions in the age of generative artificial intelligence,” Education and Information Technologies, pp. 1–53, 2024.
[5] N. Nurmayanti and S. Suryadi, “The effectiveness of using Quillbot in improving writing for students of English Education Study Program,” Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 32–40, 2023.
[6] D. Kusumaningsih, R. Darmayanti, and L. Latipun, “Mendeley Software improves students’ scientific writing: Mentorship and training,” Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2024.
[7] Z. Munawar, H. Soerjono, N. I. Putri, and A. Dwijayanti, “Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah,” TEMATIK, vol. 10, no. 1, pp. 54–60, 2023.
[8] C. Lyu, J. Xu, and L. Wang, “New trends in machine translation using large language models: Case examples with chatgpt,” arXiv preprint arXiv:2305.01181, 2023.
[9] W. Jiao, W. Wang, J. Huang, X. Wang, and Z. Tu, “Is ChatGPT a good translator? A preliminary study,” arXiv preprint arXiv:2301.08745, 2023.
[10] A. Kashefi and T. Mukerji, “Chatgpt for programming numerical methods,” Journal of Machine Learning for Modeling and Computing, vol. 4, no. 2, 2023.
[11] N. M. S. Surameery and M. Y. Shakor, “Use chat gpt to solve programming bugs,” International Journal of Information Technology & Computer Engineering (IJITC) ISSN: 2455-5290, vol. 3, no. 01, pp. 17–22, 2023.
[12] H. Tian et al., “Is ChatGPT the Ultimate Programming Assistant--How far is it?,” arXiv preprint arXiv:2304.11938, 2023.
Published
2024-05-24
How to Cite
Rahman, S., Hartono, H., Sembiring, A., Ongko, E. and Aulia, R. (2024) “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Teknik Informatika Sumatera Utara”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), pp. 64-74. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i01.926.